Target 100% Akses Air Minum KPSPAMS Tangkil di tahun ke 5

KPSPAMS Tangkil adalah kelompok pengelola sarana air bersih di desa tangkil kecamatan cidahu Kabupaten sukabumi. Kelompok yang diketuai oleh A. Djamjuri sudah berjalan hampir 5 tahun dalam proses pengelolaan dan Pemanfaatan sumber daya air yang ada di desa tangkil untuk dimanfaatkan sebesar-besarnya kepentingan masyarakat.
Rahmatullah (ule) selaku koordinator KKM (Kelompok Keswadayaan Masyarakat) TANGKIL menyampaikan “kami berharap semua sumber air yang ada di desa tangkil bisa dimanfaatkan secara maksimal sehingga masyarakat bisa mendapatkan air bersih dengan mudah, paparnya.
Ule juga memaparkan sarana air bersih yg sudah ada dI setiap wilayah masIh banyak yang belum menggunakan water meter sehingga distribusi airnya tidak merata, maka kedepan semua pengguna air yang dikelola KPSPAMS harus menggunakan water meter agar Penggunaan airnya bisa terkontrol dan merata. Pungkasnya.
Dari hasil pengelolaan air ini KPSPAMS Tangkil mengalokasikan untuk insentif pengurus, tambahan insentif bagi guru ngaji dan Madrasah Diniyah serta Santunan anak yatim. Senada dengan apa yang di sampaikan A. Djamjuri “hasil dari iuran dari setiap pengguna air dikelola dan di distribusikan kepada pengurus sebagai insentif, guru ngaji dan madrasah diniyah dan santunan bagi anak yatim. Ucapnya.
Agar pengelolaan air ini memiliki dasar dan kekuatan hukum, Pemerintah desa Tangkil dan BPD merumuskan dan menerbitkan peraturan desa melalui Peraturan desa tangkil nomor 4 tahun 2017 tentang pengelolaan Air Bersih. untuk mengatur dan menjadi landasan dalam pengelolaan air bersih tersebut agar berjalan dengan baik.
Sebagaimana yang di sampaikan kepala Desa Tangkil (ijang sehabudin) “Pemerintah desa tangkil akan terus berupaya berjuang melalui anggaran yang ada, baik melalui dana desa maupun progran Pemerintah lainnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat desa tangkil. Agar pengelolaannya berjalan dengan baik dan dikelola secara Profesional Pemerintah Desa dan BPD menerbitkan peraturan desa sebagai acuan dan panduan KPSPAMS dalam mengelola dan menyalurkan hasil dari pengelolaannya sesuai aturan yang sudah ditetapkan.”
Rahmatullah (ule) juga menyampaikan “selalu KKM kami sadar masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan akses air bersih yang di kelola KPSPAMS, tapi kami bersama Pemerintah desa berkomitmen untuk terus mengembangkan dan memaksimalkan semua sumber air yang ada sehingga semua masyarakat desa tangkil 100% tercukupi.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan